Belajar dan Berbagi Ilmu Melalui Blog

Model – Model Pembelajaran Kooperatif

A. Konsep Dasar Pembelajaran Kooperatif
Pembelajaran kooperatif merupakan bentuk pembelajaran dengan cara siswa belajar dan bekerja dalam kelompok-kelompok kecil secara kolaboratif yang anggotanya terdiri dari empat sampai enam orang dengan struktur kelompok yang bersifat heterogen. Strategi pembelajaran kooperatif merupakan serangkaian kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh siswa di dalam kelompok untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Terdapat lima unsur dasar model pembelajaran kooperatif, yaitu: (1) ketergantungan yang positif, (2) pertanggungjawaban individual, (3) kemampuan bersosialisasi, (4) tatap muka, dan (5) evaluasi proses kelompok.

B. Karakteristik Model Pembelajaran Kooperatif
Karakteristik atau ciri-ciri pembelajaran kooperatif dapat dapat dijelaskan sebagai berikut.


1.    Pembelajaran secara tim
2.    Didasarkan pada manajemen kooperatif
3.    Kemauan untuk bekerjasama
4.    Keterampilan bekerjasama

Unsur-unsur dasar pembelajaran kooperatif adalah sebagai berikut:

  1. Siswa dalam kelompoknya haruslah beranggapan bahwa mereka sehidup       sepenanggungan bersama.
  2. Siswa bertanggungjawab atas segala sesuatu di dalam kelompoknya.
  3. Siswa harus beranggapan bahwa semua anggota dalam kelompok mempunyai tujuan yang sama.
  4. Siswa harus berbagi tugas dan tanggungjawab yang sama di antara anggota kelompok.
  5. Siswa akan dikenakan evaluasi atau diberikan hadiah atau penghargaan yang juga akan dikenakan kepada semua anggota kelompok.
  6. Siswa berbagi kepemimpinan
  7. Siswa diminta pertanggungjawaban secara individual materi yang ditangani dalam kelompok kooperatif.

Ada tiga bentuk keterampilan kooperatif yang dikembangkan dalam pembelajaran kooperatif, yaitu:
a.    Keterampilan kooperatif tingkat awal, meliputi: (a) menggunakan kesepakatan; (b) menghargai kontribusi; (c) mengambil giliran dan berbagi tugas; (d) berada dalam kelompok; (e) berada dalam tugas; (f) mendorong partisipasi; (g) mengundang orang lain untuk berbicara; (h) menyelesaikan tugas pada waktunya; dan (i) menghormati perbedaan individu.
b.    Keterampilan kooperatif tingkat menengah, meliputi: (a) menunjukkan penghargaan dan simpati; (b) mengungkapkan ketidaksetujuan dengan cara yang diterima; (c) mendengarkan dengan aktiv; (d) bertanya; (e) membuat ringkasan; (f) menafsirkan; (g) mengatur dan mengorganisir; (h) menerima tanggungjawab; (i) mengurangi ketegangan.
c.    Keterampilan kooperatif tingkat mahir meliputi: (a) mengelaborasi; (b) memeriksa dengan cermat; (c) menanyakan kebenaran; (d) menetapkan tujuan; (e) berkompromi.

Terdapat enam langkah utama atau tahapan di dalam pembelajaran kooperatif. Langkah-langkah atau tahapan dalam model pembelajaran kooperatif tersebut seperti tampak pada Tabel 1 di bawah ini.
Tahap 1
Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa    Guru menyampaikan tujuan pelajaran yang akan dicapai pada kegiatan pembelajaran dan menekankan pentingnya topik yang akan dipelajari dan memotivasi siswa belajar
Tahap 2
Menyajikan informasi    Guru menyajikan informasi atau materi kepada siswa dengan jalan demonstrasi atau melalui bahan bacaan
Tahap 3
Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar    Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana caranya membentuk kelompok belajar dan membimbing setiap kelompok agar melakukan transisi secara efektif dan efesien.
Tahap 4
Membimbing kelompok kerja dan belajar    Guru membimbing kelompok-kelompok  belajar pada saat mereka mengerjakan tugas yang diberikan.
Tahap 5
Evaluasi     Guru mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang telah dipelajari atau masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerjanya
Tahap 6
Memberikan penghargaan    Guru mencari cara-cara untuk menghargai baik upaya maupun hasil belajar individu dan atau kelompok

Untuk tulisan lebih lengkap, klik di link berikut ini untuk mendonwlodnya

Model-Model Pembelajaran Kooperatif (file word)

Daftar Pustaka

http://muhfida.com/metode-pemecahan-masalahproblem-solving

Rusman.(2011). Model-Model Pembelajaran.Jakarta:Rajawali Press

Sumiati, Asra.(2008). Metode Pembelajaran.Bandung:CV. Wacana Prima

Uno, Hamzah B.(2009). Model Pembelajaran.Jakarta:Bumi Aksara

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: